Wisata KuBar…. Lamin (Luuq MeLapeh) – Danau Aco – Jantur Tabalas

Danau Aco

Danau Aco, Linggang Melapeh

Danau Aco


Danau Biru merupakan salah satu Tempat Tujuan Pariwisata yang ada di Desa Linggang Melapeh yang berbatsan dengan Melapeh Baru, Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Mungkin teman-teman pasti sangat asing dengan naman kampung diatas, ya wajarlah..hehehheehehe…
Keunikan: Keunikan Danau Aco ini ialah dimana tempat/lokasinya yang berada di atas puncak Gunung. Kurang Lebih 2000meter diatas permukaan Laut (kira0kira aja ya..hehhehe). Keunikan lainnya adalah dimana dasar dari danau ini tidak diketahui berapa meter dalamnya.
Danau Aco ini juga bisa digunakan sebagai tempat mandi bagi yang hobi berenang, namun bagi yang tidak bisa berenang diharapkan untuk berhati-hati karena Danau ini sangat Dalam.
Disana juga terdapat beberapa Gazebo dan Kamar mandi/bilas. Terakhir saya kesana ada yang menyewakan Perahu Kecil dan Ban (pelampung untuk berenang)
Jarak Tempuh : Dari Ibukota Kabupaten Kutai Barat, Sendawar menuju Kamp. Linggang Bigung ± 15Km (30menit) , Dari Kampung Linggang Bigung-Kamp. Linggang Melapeh ±2KM (10menit), Dari Linggang Melapeh menuju Danau Aco ±5 (20menit).
Note: Jarak / waktu tempuh itu hanya perkiraan saya saja, semua tergantung kendaraan yang kita gunakan maupun kecepatanya.

Jantur Tabalas

Jarak antara Jantur Tabalas dengan Danau Aco tidak lah Jauh, satu arah namun ketika sampai dipuncak akan ada persimpangan yang memisahkan keduanya.
Eitt… Mungkin ada yang masih asing dengan kata “Jantur”. Yaa… Jantur = Air Terjun… Kata Jantur biasa digunakan oleh orang local dalam penyebutan Air Terjun.
Keunikan: Jantur Tabalas ini juga sangat nyaman digunakan untuk mandi dan berenang, karena tepat dibawah air jatuh ada semacam kolam bundar yang cukup luas untuk berenang. Dan jika ingin menguji adrenalin, kalian bisa mencoba melompat dari atas Jantur dengan ketinggian yang bervarias ada yang 2 meter dan 5 meter lebih.
(terakhir saya pergi) diatas Air terjuan dibuat semacam bendungan sehingga juga bisa digunakan untuk berenang.

Lamin Luq Melapeh

Luuq Melapeh

Luuq Melapeh


Lamin merupakan rumah adat Suku Dayak Tunjung khususnya dan Suku Dayak pada umumnya. Lamin ini dinamakan Luuq Melapeh. Lamin ini berada tepat di tengah-tengah Kampung Linggang Melapeh. Jadi sebelum anda sampai ke Danau Acu & Jantur Tabalas pasti akan melewati Lamin ini.
Bila beruntung, maka anda bisa menyaksikan pertunjukan tari-tarian Tradisional Dayak Tunjung yang sangat Eksotis dan penuh makna seperti Tari Gantar dan Tari Belian.
Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Lamin Luuq Melapeh

Bagi kalian yang ini berwisata ketempat ini, Dipersilahkan…

(Hargai hasil jerih Payah Orang Lain, Bagi yang ingin mengcopi-paste.. diharapkan mencantumkan Linknya. Capek Cooyy nuLis ne…hehhehehe… Ok Kawan.)


4 thoughts on “Wisata KuBar…. Lamin (Luuq MeLapeh) – Danau Aco – Jantur Tabalas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s