Hudoq, Tarian yang penuh Makna…..

Tari Hudoq

Tari Hudoq adalah salah satu jenis tarian tpoeng yang berasal dari sub Suku Dayak Bahau. Yaa…. Hudoq, pertama kali saya melihat Tarian Hudoq ini ketika ada tetangga saya yang menikah. Saya ingat ketika itu saya masih berumur sekitar 6 tahun dimana disebelah rumah saya sedang dilangsungkan sebuah acara pernikahan. Tidak lama kemudian, keluarlah para rombongan para penari Hudoq ini.
Brrrr……. Aku yang saat itu masih kecil langsung ketakutan ketika pertama kali melihat pertunjukan ini. Anehnya walaupun dalam keadaan yang sangat ketakutan, tetapi aku sangat menyukai dan ingin tetap menonton pertunjukan tari-tarian tersebut. Pertama melihat Hodoq yang aku bayangkan adalah sosok hantu yang sangat mengerikan…hahhahahha… Yaa… itu karena tampangnya yang sangat menyeramkan. Namun dibalik sosok menyeramkan itu tersimpan makna yang dalam bagi masyarakat Dayak Bahau…
Makna Tarian: Berdasarkan kepercayaan suku Dayak Bahau dan Dayak Modang, Tari Hudoq ini digelar untuk mengenang jasa para leluhur mereka yang berada di alam nirwana. Mereka meyakini di saat musim tanam tiba roh-roh nenek moyang akan selalu berada di sekeliling mereka untuk membimbing dan mengawasi anak cucunya. Leluhur mereka ini berasal dari Asung Luhung atau Ibu Besar yang diturunkan dari langit di kawasan hulu Sungai Mahakam Apo Kayan. Asung Luhung memiliki kemampuan setingkat dewa yang bisa memanggil roh baik maupun roh jahat. Oleh Asung Luhung, roh-roh yang dijuluki Jeliwan Tok Hudoq itu ditugaskan untuk menemui manusia. Namun karena wujudnya yang menyeramkan mereka diperintahkan untuk mengenakan baju samaran manusia setengah burung. Para Hudoq itu datang membawa kabar kebaikan. Mereka berdialog dengan manusia sambil memberikan berbagai macam benih dan tanaman obat-obatan sesuai pesan yang diberikan oleh Asung Luhung. Dari kisah itulah, nama Hudoq melekat di masyarakat Dayak Bahau dan Modang.
(Sumber Asli : http://dunialain-laindunia.blogspot.com/2009/04/tari-hudoq-dari-kalimantan-timur.html)

Adapun pakaian yang digunakan oleh para penari Hudoq biasanya menggunakan Daun Pisang yang di rangkai sedemikian rupa sehingga menutupi seluruh badan. Selain Daun Pisang, terkadang juga digunakanan Tali Rafia. Topeng terbuat dari kayu yang ringan.

Topeng Hudoq

hudoq Longpahangai

Tarian Hudoq pada masa sekarang sudah sangat sering ditampilkan.. tidak hanya pada acara adat tetapi juga pada acara pernikahan, maupun ulangtahun Kabupaten dan lain sebagainya.

(Hargai hasil jerih Payah Orang Lain, Bagi yang ingin mengcopi-paste.. diharapkan mencantumkan Linknya. Capek Cooyy nuLis ne…hehhehehe… Ok Kawan.)

4 thoughts on “Hudoq, Tarian yang penuh Makna…..

  1. saya suka dengan tulisan anda, dan sangat senang sekali dengan tulisan ini yang anda update trus memberi referensi yang kaya untuk membantu penulisan skripsi saya dan teman2, karena kami kesulitan dengan sumber data tercetak,, tapi dengan link ini memudahkan kami,,,saya Elvia mahasiswa ISI SOLO yang saat ini menyelesaikan kuliah saya dijenjang S 1,jurusan Seni Tari..apabila anda punya referensi Tentang tari Gong mohon di tulis juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s