Keajaiban Alam Bumi Kalimantan

1. Batu Dinding, Kutai Barat- KALTIM
Batu dinding merupakan sebuah keunikan dan keindahan alam yang ada di kalimantan timur. bantu dinding ini berada di hulu mahakam yang berada di kecamatan Long Bagun daerah kabupaten Kutai Barat.
Panjang batu dinding sekitar 800 meter dan tingginya mencapai kurang lebih 100 – 120 meter. hubungan batu dinding dengan Kecamatan sungai Boh adalah merupakan jalur akses air yang menghubungkan Kabupaten Kutai Barat dengan Kabupaten Malinau. long bagun merupakan kecamatan tetangga dari kecamatan sungai boh sebelah selatan. Untuk mencapai sungai boh dari Kecamatan long bagun setelah jalur air di lanjut dengan jalur darat sektar 5 – 6 jam perjalanan untuk bisa sampai ke kecamatan sungai boh. jika kita ingin menuju ke kecamatan sungai boh dari samarinda dengan jalur air maka kita akan melewati bantu dinding ini.

Keunikan lain dari batu dinding ini selain dari bentuk, di batu dinding ini terdapat sebuah kuburan..!! Sumber: http://sutrisman-anakkenyahbankung.blogspot.com/2011/06/batu-dinding-sungai-mahakam-long-bagun.html





2. Bukit Kelam, Sintang-KALBAR
Kawasan Wisata Bukit Kelam yang berada di wilayah Kecamatan Kelam Permai. Daya tarik objek wisata alam perbukitan khususnya kawasan wisata alam Bukit Kelam dapat dilihat dari kondisi perbukitan itu sendiri yang memiliki keindahan yang khas. Hutan wisata Bukit Kelam berada diantara dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas dan termasuk didalam SdubDAS Melawi dimana keberadaan hutan wisata tersebut merupakan kawasan sumber air yang mengalir sebagai sungai yang dimanfaatkan penduduk setempat untuk keperluan air minum, MCK dan irigasi.
Berdasarkan pengamatan diketahui kualitas baik perairan sungai di hutan wisata didominasi oleh perbukitan dan hutan wisata ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata alarn dan untuk lokasi terbang layang dan panjat tebing karena terletak pada ketinggian 50 – 900 meter dari permukaan laut dengan kemiringan antara 15° – 40° serta kemiringan diatas 45°. Pohon yang tumbuh dikaki bukit umumnya berbatang tinggi, sedangkan dipuncaknya ditumbuhi semak semak. Pada dinding bukit jarang ditumbuhi tumbuhan karena terdiri dari batu terjal sehingga pepohonan yang yang tumbuh dan tertata rapi didalam jambangan.
Di Bukit ini juga terdapat tumbuh-tumbuhan langka seperti Kantong Semar Raksasa yang oleh masyarakat setempat dipergunakan sebagai wadah untuk menanak nasi, selain itu juga terdapat Anggrek Hitam. Saat ini kawasan Bukit Kelam sudah direnopasi dan kawasan ini dijadikan sebagai Pusat Perkemahan bagi pramuka. Untuk mencapai puncak Bukit Kelam saat ini sudah dibangun sebuah tangga dengan ketinggian 90 m yang terletak disebelah barat. Kawasan Bukit Kelam saat ini terus dikembangkan karena punya rentetan perbukitan lainnya seperti Bukit Luit dan Bukit Rentab. Selain itu juga kawasan ini sangat baik jika dibangun tempat peristirahatan yang nantinya dapat dikembangkan menjadi desa wisata yang menarik dan unik.
Hal ini juga tidak terlepas dari keberadaan dua rumah panjang didekat lokasi perbukitan ini yaitu Rumah Panjang Ensaid Pendek dan Ensaid Panjang.
Bagi pengunjung yang suka bertualang menghadapi tantangan alam dan merindukan pemandangan alam yang asli maka Bukit Kelam adalah tempat yang cocok dalam memenuhi selera anda. Pendakian ke puncak bukit dapat ditempuh melalui dua cara:
* Menggunakan Tangga
* Melalui Tebing Batu yang sangat terjal dan menantang.
Dari Puncak Bukit dapat terlihat pemandangan alam yang sangat indah seperti:
* Hutan tropis dan berbagai jenis tanaman langka
* Dua aliran sungai yang mengapit Kota kabupaten
* Tata Kota Sintang dan persawahan yang ada dibawahnya. Sumber:http://www.kalimantan-news.com/wisata.php?idw=1
Yang kesemuanya merupakan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dan panorama alam yang sangat nyaman, dapat dikunjungi melalui transportasi darat dengan jarak dari Kota 18 Km.






3. Kersik Luway (Padang Pasir ditengah hutan Kutai Barat, menyimpan berbagai macam jenis Anggrek langka.. Anggrek hitam), Kutai Barat-KALTIM
Anggrek Hitam berada dikawasan Kersik Luway terletak di Kampung Sekolaq Darat Kecamatan Sekolaq Darat, mempunyai keunikan tersendiri dengan bentuk dan corak anggrek hitam (Coelogyne pandurata) yang sangat khas, Ada beberapa jenis anggerek lain yang bisa ditemukan disini selain anggrek hitam di antaranya Erya Vania, Erya Florida,Coelogy Rocus Roini dan Bulpophylum Mututina. Selain anggerek juga terdapat Kantung semar . Fasilitas di likasi terdapat ruang informasi, fasilitas kebutuhan bagi wisatawan tersedia. Namun saat ini kondisi cagar alam ini cukup memprihatinkan akibat sering terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan terus berkurangnya vegetasi anggerek, kelompok penangkaran anggerek. Menuju lokasi ini dapat menggunakan mobil dan bus menempuh jarak 15 Km dari pusat kota Sendawar.Sumber:http://www.wisatakaltim.com/tempat-wisata/kutai-barat/anggrek-hitam-kersik-luway/



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s