Pesona Air Terjun Di Bumi Kalimantan

1. Air Terjun Haratai, KAL-SEL

Objek wisata Air terjun Haratai terletak di desa Haratai, lebih kurang 15 menit perjalanan dengan jalan kaki dari Balai Haratai, dapat ditempuh dengan memasuki hutan bambu dan perkebunan karet atau kayu manis. Objek wisata Air terjun Haratai merupakan salah satu objek wisata yang ada di kalimantan selatan. air terjun Haratai terletak di kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Air terjun Haratai merupakan salah satu obyek wisata yang menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan Selatan, karena daerahnya yang asri dan juga pemandangannya yang indah.
Saat pertama kali kita mendatangi tempat ini, mata kita akan terkagum melihat keindahan deburan air yang jatuh, dengan suara gemuruh yang cukup keras.Air terjun tersebut bertingkat tiga dengan ketinggian masing-masing 13 meter. selain itu di tempat ini juga di sediakan gazebo untuk kita beristirahat, atau bersantai sambil menikmati suasana.Wisata Indonesia Surga Dunia. Sumber: http://www.slowbos.com/thread/109481/menikmati-wisata-air-terjun-haratai

2. Air Terjun Balang Daras, KAL-SEL
Air terjun Balangdaras adalah sebuah air terjun yang terletak 25 km dari Kota Pelaihari, Tanah Laut, Kalsel, tepatnya di Desa Tanjung, Pelaihari, Tanah Laut.
Air terjun Balangdaras memiliki panorama pegunungan yang indah dan eksotik. Berada di ketinggian pegunungan dengan ketinggian ± 45 meter. Air Terjun Balangdaras yang berada di kawasan Pegunungan Meratus. Sumber:http://mylifemeiyanna.blogspot.com/2010/06/air-terjun-balang-daras-kalimantan.html

3. Air Terjun Tosah, KAL-TENG
berolakasi di Desa Muara Ja,an Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya, keindahan alam yang disebut air terjun tosah ini terletak, meski di Kabupaten paling utara Kalteng ini banyak terdapat air terjun, namun air terjun tosah ini memiliki keunikan tersendiri.
Saat pertama kali menghampirinya, kami terkesima dengan keindahan air terjun yang, memiliki ketinggian yang sempurna menambah derasnya percikan air yang menghempas ke bebatuan cadas dan embunnya pun membasahi hutan rimbun membuat air terjun tersebut benar benar merupakan keindahan alam masa lalu yang tidak perbah terjamah oleh tangan manusia.
Ditambah perjalanan menuju objek wisata ini pun tidak terlalu sulit karena hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan kendaraan mobil. Kita dapat secara langsung melihat keindahan hasil ciptaan tuhan yang benar benar membuat kita sendiri terkesima dan hatipun sejuk dan tentram saat menikmati keindahan alam nan asri di dekatnya.
Berada di kawasan jalan menuju Puruk Cahu- Muara Teweh air terjun yang memiliki tinggi sekitar 5 meter dengan luas sekitar 10 meter ini pun dapat kita jumpai dengan melewati mendan jalan yang tidak begitu berat.
Dengan suara hempasan air yang seolah memecah keheningan hutan rimbun ditambah suara desiran angin diantara dedaunan menambah suasana alam sekita air terjun benar benar asri. Bebatuan berukuran besar pun seperti tidak kalah indahnya, terhampar mengelilingi aliran air, bebantuan ini memiliki bentuk bentuk nya yang unik dan seperti sengaja dibuat untuk tempat duduk bersantai memandang desiran air gunung yang jernih itu berjatuhan.
Namun sayang air terjun ini masih banyak belum dketahui oleh masyarakat setempat, dan kurang mendapat perhatian dari Pemerintah, sehingga sangat jarang didatangi oleh masyarakat atau wisatawan. Mungkin karena jalan nya yangmasih menggunakan jalan setapak yang sedikit becek.
Bisa dipastikan apabila asset wisata nan indah ini benar benar dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan menjadi objek wisata yang membahwa nama Mura dikenal di dunia wisata nasional bahkan internasional.
Karena dari hasil pantauan kami, banyak potensi potensi lain yang bisa dikembangkan di sekitar air terjun itu, baik ekowisata, hingga out bond.
Namun warga sekitar tampaknya lebih tanggap,warga desa Muara Ja,an sudah menyampaikan usul untuk mereka mengelola sendiri secara swadaya air terjun tersebut. Termasuk membuat akses jalan secara bergotong royong yang nanti akan menjadi sumber pedapatan desa.
“ masyarakat desa Muara Ja,an sudah menyampaikan usulan untuk mengelola air terjun Tosah terrsebut kepada saya, tentunya saya sangat mendukung dan akkan memfasilitasi mereka. Saya bersyukur masyarakat punya inisiatif seperti ini untuk ikut membantu mengembangkan pariwisata di Murung Raya dan berharap air terjun Tosah nantinya apabila dikelola dengan baik bisa menjadi objek wisata yang mampu menarik para wisatawan. Sumber : http://pariwisatamura.blogspot.com

4. Air Terjun Bumbun, KAL-BAR
Air Terjun Bumbun memiliki tujuh tingkatan, dengan tingkatan tertinggi mencapai 20 an meter tingginya Air.terjun ini hanya berjarak kurang dari 100 meter dari jalan yang menghubungkan Saripoi–Laas.
Lokasi Terletak di Desa Muara Tuhup/Tumbang Olong, Kecamatan Uut Murung, Kabupaten, Propinsi Kalimantan Tengah.
Peta dan Koordinat GPS:Aksesbilitas
Berjarak ± 35 Km dari Kota Puruk Cahu. Wisata Lain Sekitar 7 Km dari Air Terjun Bumbun ke arah utara, tepatnya di Laas, Kecamatan Uut Murung, terdapat Equatorial Monument atau tugu khatulistiwa yang menunjukkan bahwa daerah ini berada persis di garis khatulistiwa. Akan tetapi tugu khatulistiwa ini tidak sebesar tugu khatulistiwa yang ada di Pontianak. Sumber :
http://pariwisatamura.blogspot.com/2011_08_01_archive.html
/2011_08_01_archive.html




5. Air Terjun Inar, KAL-TIM
Air Terjun Inar terletak di Kampung Temula Kecamatan Nyuatan. merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Kutai Barat dengan ketinggian 30 m. Jantur itu masih kelihatan alami dengan lumut-lumut yang menempel di batu-batu dan tumbuhan liar disekelilingnya. Untuk melihat keindahan jantur inar pengunjung harur menurunu sekitar 200 anak tangga berjarak 20 cm antara satu sama lain. Jika berada disekitar lokasi pemandian serasa hawa sejuk yang berasal dari hempasan air yang jatuh menerpa bebatuan. Pesona inilahsalah satunya yang menjadi daya tarik dari Jantur Inar. Untuk menuju lokasi ini bisa mengunakan sepada motor atau mobil menempuh jarak 30 km dari pusat kota Sendawar. Sumber:http://www.kubarkab.go.id/wisata-budaya.php?id=15



6. Air Terjun Keneheq, KAL-TIM



wewe

7. Air Terjun Pancur Aji, KAL-BAR
kota sanggau terdapat tempat rekreasi yang menarik yang dinamakan air terjun pancur aji yang terletak didaerah bunut yang mana disepanjang jalan melewati pemukiman masyarakat dan melewati tempat rekreasi kolam renang pak donat, perjalanannya dari kota sanggau menempuh jarak kira-kira 30 menit, untuk menempuh jalan ke sana kita menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.
dalam perjalanan menuju ke Air Terjun Pancur Aji kita melewati jalan yang berliku-liku dan bergunung disamping itu tempat rekreasi air terjun pancur aji terdapat pula kebun binatang yang ada diwilayah sanggau seperti:buaya,orang hutan,burung,bangau,ular,kijang dan lain-lain.
sebelum memasuki daerah air terjun kita melewati pintu gerbang dan membayar tiket dengan kendaraan roda 2 Rp.9000 dan kendaraan roda 4 Rp. 20.000. selanjutnya kita jalan menuju parkir yang mana dikenakan biaya Rp 1000, dan kita menuju keair terjun kira-kira 5 menit.
Setiap hari libur banyak pengunjung yang berkunjung disana suasana air terjunnya sangat dingin dan pemandangan air yang sangat indah dan arusnya yang sangat deras, tempat air terjun itu cocok untuk arung jeram, di sana juga terdapat toko yang menjual makanan dan cinderamata khas sanggau yaitu :kalung manik-manik, gantungan kunci serta tas anyaman dari rotan dan bambu dan lain-lain, dan makanannya berupa lempok durian, lemang, dodol,dan di sana juga terdapat kebun buah yang mana kita bisa memetik sendiri dan membeli untuk di bawa pulang untuk oleh-oleh sebuah tangan. Sumber: http://entikong.web.id/air-terjun-pancur-aji



8. Air Terjun Tikalong, KAL-BAR

9. Air Terjun/Jantur Menarung, KAL-TIM


10. Air Terjun/Jantur Mapan, KAL-TIM

(cukup segini duluu…. tapi Masih Banyak Lgi puluhan bahkan hingga Ratusan Air terjun yang masih tersembunyi dan susah dijangkau…. mungkin lain kali baru di share lagi.. bye..byee)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s