Anggapan Orang Awam Tentang Suku Dayak!!

Hanya sekedar ingin tau bagaimana sih pandangan orang awam atau orang sama sekali belum pernah bertemu langsung dengan orang Dayak?
Seperti yang pernah saya dengar kalo banyak orang yang beranggapan kalo masyarakat Dayak itu masih hidup primitif, suka makan orang, hidup dengan tidak berbudaya, orangnya hitam kayak negro dan lain-lain. Anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah kecuali MAKAN ORANG dan TIDAK BERBUDAYA. Memang sebenarnya masih banyak masyarakat Dayak yang hidup secara primitif karena lokasi keberadaan mereka belum terjangkau oleh sarana insfrastruktur yang mendukung misalnya didaerah-daerah pedalaman, namun hampir mayoritas masyarakat Dayak pada masa sekarang sudah menjalani kehidupan layaknya orang modern misalnya bekerja di perkantoran, PNS, Guru, dll. Sedangkan untuk makan orang itu sama sekali tidaklah benar, selama saya hidup saya belum pernah mendengar jika ada orang Dayak yang makan orang, kalu urang sih iya (Urang=udang). Orang Dayak Hitam kayak negro?? wahhh…. ini mah jauh beuddddd.. hahahahahhahaha…….. Dayak tidak berbudaya? siapa yang bilang… hanya mereka saya yang tidak tau lebih jauh mengenai Suku ini…. Bahkan setiap suk-suku Suku dayak itu memiliki ciri kebudayaannya masing-masing baik dalam hal kerajinan tangan, seni tari, seni lukis, dll. Bisa dibayangkan jika sekitar kurang lebih 405 sub suku Dayak di Kalimantan membuat sebuah pagelaran seni Budaya….. Pasti akan sangat meriah karena akan ada ratusan partisipan yang mewakili setiap sub suku yang ada….

Nah…. saya hanya ingin mengetahui bagaimana sih pandangan orang awan / pikiran yang terlintas ketika mendengar nama Dayak?????????? silahkan koment yaa….
No SARA…….

5 thoughts on “Anggapan Orang Awam Tentang Suku Dayak!!

  1. Ping-balik: post | dalmasiushendro

  2. awalnya mikir kalo dayak itu Primitif abis,, tapi ternyata setelah berteman dengan teman2 Dayak di Jogja, ternyata 180derajat….
    jujur. org2 dayak ternyata cantik dan ganteng2 ya?

    hampir 90% good looking…. apa mungkin masih ada turunan china?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s