TERJEBAK DALAM PILIHAN

Jujur saja sebenarnya menjadi seorang guru bukanlah cita-cita yang saya dambakan semenjak kecil. Bahkan ketika SMA saya pernah berkata dengan beberapa teman kalau saya tidak akan pernah sama sekali menjadi guru, karena dengan menjadi guru sama halnya dengan menjadi siswa yg setiap pagi turun kesekolah.

Namun takdir berkata lain,, hahhahaha… ketika menjelang kelulusan sekolah, saya sama sekali belum ada merencanakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi manapun.. ya bisa dibilang saat itu hanya ikut ikutan teman saja…

Ada 3 universitas yang saya ikuti yangnpertama adalah S1 PEMERINTAHAN INTEGRATIF. Sekolah ini adalah sekolah yg mencetak calon calon pegawai negeri semacam IPDN atau SPDN yg ada di jawa, cuman ini di tingkat provinsi. Ada beberapa tahapan tes untuk masuk kesini, ygnpertama adalah tes kesehatan. Puji Tuhan tes kesehatan ini saya bisa lulus dan berarti badan saya sehat donk.. hahahha… tes yg kedua adalah tes fisik. Tes ini lumayan berat bahi saya karena saya bukan olahragawan, jd cukup ngos ngosan juga ketika disuruh lari keliling lapangan. (Lupa berapanputaran). Puji tuhan akhirnya saya lulus juga hehhehe… yg terakhir adalah tes kemampuan akademik dan tes psikologi. Kedua tesninilah yang menentukan kami bisa lulus atau tidak. Namun di tes yg terakhir ini saya kurang beruntung. Saya lulus diurutan yang ke 10, sedangkan yg diambil hanyanurutan 1-8 saja..
Kemudian tes kedua yang saya ikuti adalah SNMPTN Universitas Mulawarman, disitu saya mengambil 3 jurusan yaitu pendidikan biologi, pendidikan fisikan dan hubungan internasional. Sewaktu mengikuti tes ini cukup menemukan beberapa kesulitan karena saya yg berasal dari kampung dan masih sangat asing dengan suasana kota disamarinda, tetapi berkat bantuan seorang teman akhirnya semua bisa dipermudah. Puji Tuhan saya lulus SNMPTN di jurusan HUBUNGAN INTERNASIONAL. Sebemarnya jurusan ini adalah jurusan yang saya dambakan dari kelas 1 SMA. HAHHAHAH
Dang yang terakhir adalah tes masuk perguruan tinggi di UNIVERSITAS SANATA DHARMA. Kampus ini terletak di Jogjakarta. Sebenarnya awalnya saya tidak tertarik untuknkuliah di luar pulau kalimantan, namun karena permintaan mama saya akhirnya saya mencoba saja pada saat itu. Pada saat itu saya hanya memilih dua jurusan yaitu pendidikan matematika dan teknik informatika. Namum menjelang pengumpulan soal, kami diminta untuk mengisi 3, akjirnya tanpa pikirnpanjang, sayapun mencontreng pendidikan sejarah. Entahlah, mungkin takdir menentukan lain, ternyata saya lulus di pendidikan sejarah. Lucunya ketika temanku memberitahukan bahwa saya lulus di pendidikan sejarah, saya justru tidak ingat pernah memilih prodi ini.. hahhaha..  akhirnya saya menghubungi beberapa teman dan banyak juga yang mengambilnya.

Setelah berunding dengan orangtua, mereka memberikan pilihan itu ke saya untuk memilih sendiri, apakah mau tetap di samarinda atau mengambil yg di jogja. Sayapun mantaf memilih untuk berangkat ke jogja dengan alasan banyak teman yg berangkat dan mencoba hidup mandiri tanpa berpikir panjang kalao lulus bakalan menjadi guru. Profesi yg tidak pernah saya cita citakan.. hahahha

Tetapi seiring berjalannya waktu sayapun mulai menikmati profesi guu ini dan mensyukuri semuanya karena saya yakin Tuhan mempunyai rencana yang sangat indah didalam kehidupan saya.

Hal yg bisa dipetik adalah:
1: pentingnya mempersiapkan sedari awal akan tujuan pendidikan dinmasa datang, karena jika dadakan akan kebingungan dan bisa bisa salah memilih jalan.
2: cobalah keluar dari zona nyamanmu. Dengan demikian kita bisa semakin belajar hidupnmandiri dan merasakan pengalaman hidup diluar lingkungan kita.
3: syukuri setiap apa yg terjadi dlm kehidupanmu.

Tinggalkan Balasan

